Kegiatan Dasar di Taman Kanak-Kanak

Bulan-bulan pertama di TK tidak hanya digunakan untuk pelajaran-pelajaran dasar. Anak-anak juga akan membiasakan diri untuk disiplin dalam menjalankan rutinitasnya di sekolah. Dari kebiasaan tersebut, anak-anak diharapkan dapat membangun rasa tanggung jawab dan kemandiriannya sejak dini.

Mengenal Huruf dan Membaca

Mengenal Huruf 

 

Anak TK akan diajari mengenal huruf lewat nyanyian serta mencoba merangkai huruf-huruf tersebut menjadi kata. Biasanya, si kecil akan mulai bisa membaca kata-kata sederhana pada poster atau buku bergambar. Lambat laun, anak akan mulai dapat membaca buku-buku sederhana dan menunjukkan kemampuannya dengan membacakan buku tersebut atau kata-kata yang ia temukan di sekitarnya.

Menulis

Belajar membaca dan menulis biasanya dilakukan secara beriringan. Sembari diajari untuk mengenal huruf, anak pun akan diminta untuk mencoba menulis huruf tersebut di bukunya masing-masing. Pada tahap awal belajar menulis, guru biasanya akan membantu anak untuk memegang pensil dengan benar. Belajar memegang pensil tidak hanya mempersiapkan anak untuk menulis, namun juga melatih kemampuan motorik halus anak. Pada tahap tersebut, anak akan belajar menulis huruf kecil dan besar, sekaligus angka 1-20.

Berhitung

Banyak anak yang baru masuk TK sudah dibekali dengan kemampuan berhitung. Beberapa anak dapat berhitung sampai 10, ada pula di antaranya yang bahkan sudah mampu berhitung sampai 100, namun tidak sedikit pula yang belum mahir. Tidak perlu khawatir, di TK, anak-anak akan diajak mengenal angka dengan cara yang menyenangkan. Para guru akan menggunakan alat-alat bantuan seperti kancing, dadu, dan mainan lainnya yang akan membuat si kecil tertarik untuk belajar. Dengan alat-alat bantu yang lucu tersebut, selain belajar mengenal angka, anak juga akan diajari cara menjumlah dan mengurangi. Pada akhir tahun ajaran, anak-anak diharapkan sudah dapat berhitung serta mengerti konsep waktu.